CodeIgniter - Upload File Bermasalah

Bagi para developer web, membuat fasilitas upload file merupakan hal yang hampir pasti dikerjakan dalam pembuatan web. Disini saya mencoba berbagi pengalaman mengenai upload file menggunakan framework CodeIgniter (CI). Pertama kali mencoba membuat form upload di codeigniter, saya menemukan beberapa masalah diantaranya gagal mengupload beberapa jenis file.
Namun setelah mencari tau kesana kemari mencari alamat (eh kok malah lagunya ayu ting tung...), akhirnya ketemu solusinya. Dan jika temen-temen pernah menemukan masalah yang kurang lebihnya sama dengan saya, berikut ini solusinya (dengan asumsi anda telah membuat View dan Controller-nya).
1. Ubah file mimes.php
File mimes.php ini terletak didalam folder Config. Anda dapat menambahkan beberapa baris code untuk jenis file yang bermasalah. Sebagai contoh, saya akan menambahkan setingan untuk file yang berekstensikan .rar
'rar'   =>  array('application/x-rar-compressed', 'application/rar', 'application/octet-stream');
Sisipkan code diatas pada array didalam variable $mimes.

2. Coba Rasakan Perubahannya
Jika setelah dilakukan perubahan masi tetap bermasalah ada kemungkinan file yang anda upload terlalu besar. Anda dapat membaca artikel "Agar file berukuran besar dapat terupload" agar file yang berukuran besar tetap dapat diupload.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua.

Postingan Terkait :



1 comments:

Unknown said...

belum merasakan perubahanya mass, tlong diperjelas, diperbnyak.Jgn pelittttt

Post a Comment